-->

Unsur-Unsur Laporan Keuangan: Laporan Laba Rugi dan Posisi Keuangan

Kumpulan Contoh Makalah - Unsur-Unsur Laporan Keuangan yang meliputi laporan keuangan utama, yaitu: Laporan Laba Rugi dan Laporan Posisi Keuangan.
Sesuai dengan karateristiknya, laporan keuangan entitas syariah antara lain meliputi KDPPLKS komponen-komponen yaitu:
  1. Komponen laporan keuangan yang mencerminkan kegiatan komersal. Komersal ini meliputi laporan posisi keuangan, laporan laba rugi, laporan arus kas, dan laporan perubahan ekuiditas.
  2. Komponen laporan keuangan yang mencerminkan kegiatan sosial. Komponen ini meliputi laporan sumber dan penggunaan dana zakat serta laporan sumber dan penggunaan dana kebajikan.
  3. Komponen laporan keuangan lainnya yang mencerminkan kegiatan dan tanggung jawab khusus entitas syariah tertentu.

Diantara berbagai laporan keuangan tersebut, laporan posisi keuangan dan laporan laba rugi merupakan dua laporan keuangan utama. Laporan keuangan lain seperti laporan arus kas, laporan perubahan ekuitas, laporan sumber dan penggunaan dana zakat, serta laporan sumber dan penggunaan dana kebajikan dipengaruhi oleh peruhaban yang terdapat pada kedua laporan keuangan utama.

Laporan Posisi Keuangan

Laporan posisi keuangan atau neraca menggambarkan dampak keuangan dari transaksi dan peristiwa lain yang diklasifikasikan dalam beberapa kelompok besar menurut karateristik ekonominya(KDPPLKS).unsur yang berkait langsung dengan pengukuran posisi keuangan adalah aset, kewajiban, dana syirkah temporer dan ekuitas.
  1. Aset,
    Yaitu sumber daya yang dikuasai oleh entitas syariah sebagai akibat dari peristiwa masa lalu dan memilki manfaat ekonomi masa depan bagi entitas syariah.
  2. Kewajiban,
    Yaitu utang entitas syariah masa kini yang timbul dari peristiwa masa lalu, yang penyelesaiannya diharapkan mengakibatkan arus keluar dari sumber  daya entitas syariah yang mengandung manfaat ekonomi.
  3. Dana Syurkah Temporer,
    Yaitu dana yang diterima sebagai investasi dengan jangka waktu tertentu dari individu dan pihak lainnya, yang mana entitas syariah mempunyai pihak untuk mengelola dan menginvestasikan dana tersebut dengan pembagian hasil invesitasi berdasarkan kesepakatan.
  4. Ekuitas,
    Yaitu hak residual atas aset entitas syariah setelah dikurangi semua kewajiban dan dana syirkah temporer.

Laporan Laba Rugi

Laporan laba rugi merupakan ukuran kinerja entitas syariah yang juga merupakan dasar bagi ukuran yang lain seperti imbalan investasi atau penghasilan persaham.unsur yang berkaitan dengan pengukuran laba adalah penghasilan, beban dan hak pihak ketiga atas bagi hasil.
  1. Penghasilan,
    Penghasilan yaitu kenaikan manfaat ekonomi selama suatu priode akuntansi dalam bentuk pemasukan atau penambahan aset atau penurunan kewajiban yang mengakibatkan kenaikan ekuitas yang tidak berasal dari kontribusi penanam modal (KDPPLKS).
  2. Beban,
    Beban yaitu penurunan manfaat ekonomi selama suatu priode akuntansi dalam bentuk arus keluar atau berkurangnya aset atau terjadinya kewajiban yang mengakibatkan penurunan ekuitas yang tidak menyangkut pembagian pada penanam modal (KDPPLKS).
  3. Hak Pihak Ketiga Atas Bagi Hasil,
    Hak pihak ketiga atas bagi hasil yaitu bagian bagi hasilpemilik dana atas keuntungan dan kerugian hasil investasi bersama entitas syariah dalam suatu priode laporan keuangan. hak pihak ketiga atas bagi hasil merupakan alokasi keuntungan dan kerugian kepada pemilik dana atas investasi yang dilakukan bersama dengan entitas syariah.
  4. Zakat,
    Zakat yaitu besarnya zakat yang harus dikeluarkan oleh perusahaan untuk priode akuntansi penghitungan zakat.pembahasan tentang zakat entitas syariah sangat terbatas dalam KDPPLKS. Aspek zakat hanya muncul pada bahasan tentang laporan dana zakat yang dikelola oleh entitas syariah sebagai amil zakat. Dalam literatur akuntansi syariah, kepatuhan entitas syariah dalam menghitung dan membayar zakat merupakan salah satu bentuk kepatuhan entitas tersebut padasyariah islam.dengan demikian,dengan adanya kebutuhan untuk mengevaluasi kepatuhan bank syariah dalam penghitungan dan pembayaran zakat, semestinya rekening zakat yang harus dikeluarkan oleh bank syariah merupakan rekening utama yang mesti muncul dalam laporan laba rugi banksyariah.


Bukan makalah terkait dengan "Unsus-Unsus Laporan Keuangan: Laporan Laba Rugi dan Posisi Keuangan":

Related Posts: Unsur-Unsur Laporan Keuangan: Laporan Laba Rugi dan Posisi Keuangan

Prinsip dan Ciri Etos Kerja Seorang Muslim

Prinsip dan Ciri Etos Kerja Muslim ini adalah pembahasan lanjutan dari pembahasan yang  terkait sebelumnya, yaitu: pembahasan tentang penge...