Kompetensi Psikomotor atau Kemampuan dari Kawasan Karsa
Diposkan oleh
Zaenal Abidin
di
Wednesday, November 28, 2018
Kumpulan Contoh Makalah - Apa sih kemampuan atau sering disebut dengan istilah kompetensi psikomotor dari kawasan karsa itu? temukan jawabannya di sini
Cholik (2008:14) kawasan karsa sebagai prediktor kinerja seseorang bersumber aspek psikis yang ada pada diri yang meliputi harapan-harapan, keinginan-keinginan, ambisi-ambisi, cita-cita rencana seseorang. Definisi untuk menunjukkan adanya kondisi psikis yang potensial untuk diwujudkan dalam perilaku nyata atau dengan kata lain latar belakang munculnya karsa dikarenakan adanya kebutuhan-kebutuhan yang bersumber pada aspek kedirian untuk meraih suatu sasaran yakni sasaran yang bermakna dan penting bagi dirinya. Karsa timbul karena adanya ketegangan antara organisme dan evaluasi individual terhadap keseluruhan lingkungan atau kegiatan. Ini berarti karsa tumbuh dan berkembang pada diri seseorang, karena dihadapkan pada kepentingan yang datang dalam diri dan lingkungannya. Yang datang dari dalam dirinya: karena individu memiliki aspek-aspek dinamik untuk meraih suatu cita-cita atau keinginan tertentu. Yang datang dari lingkungannya: dimungkinkan faktor-faktor diluar dirinya yang mendorong dan menekan individu untuk berbuat dan harus merubah dirinya.
Cholik (2008:15) mengemukakan karsa merupakan pridiktor terbaik untuk melihat perilaku yang sebenarnya terjadi. Melalui karsa, perilaku seorang dapat diketahui arah dan tujuan yang ingin dicapai, dengan asumsi proses karsa pada diri seorang biasanya dilandasi keyakinan akan konsekuensi dan sikap-sikap positif pada perilaku alternatif, disamping nilai-nilai obyektif dan nilai subyektif yang dikehendaki.Perkembangannya karsa pada diri seseorang berhubungan dengan pertimbangan-pertimbangan tentang dampak positif maupun negatif yang berkaitan dengan profesinya, baik yang berkaitan dengan citranya dan tingkat kesejahteraan maupun aspek lain yang berkaitan dengan tanggapan masyarakat. Secara garis besar kawasan karsa terdiri atas dua kategori yaitu kecakapan fisik umum dan kecakapan fisik khusus.
Kecakapan fisik umum direfleksikan dalam bentuk gerakan dan tindakan jasmani seperti duduk, berdiri, berjalan, berjabat tangan dan sebagainya yang tidak berhubungan langsung dengan aktifitas pembelajaran. Perkembangannya karsa pada diri seseorang berhubungan dengan pertimbangan-pertimbangan tentang dampak positif maupun negatif yang berkaitan dengan profesinya, baik yang berkaitan dengan citranya dan tingkat kesejahteraan maupun aspek lain yang berkaitan dengan tanggapan masyarakat. Secara garis besar kawasan karsa terdiri atas dua kategori yaitu kecakapan fisik umum dan kecakapan fisik khusus.
Kecakapan fisik umum direfleksikan dalam bentuk gerakan dan tindakan jasmani seperti duduk, berdiri, berjalan, berjabat tangan dan sebagainya yang tidak berhubungan langsung dengan aktifitas pembelajaran. Refleksi gerakan dan tindakan ini sesuai dengan kebutuhan dan tata krama yang berlaku sebagai salah satu wujud komitmen moral dalam mengembangkan mutu produk pendidikan yang menjadi tugas dan kewajibannya.
Kecakapan fisik umum direfleksikan dalam bentuk gerakan dan tindakan jasmani seperti duduk, berdiri, berjalan, berjabat tangan dan sebagainya yang tidak berhubungan langsung dengan aktifitas pembelajaran. Perkembangannya karsa pada diri seseorang berhubungan dengan pertimbangan-pertimbangan tentang dampak positif maupun negatif yang berkaitan dengan profesinya, baik yang berkaitan dengan citranya dan tingkat kesejahteraan maupun aspek lain yang berkaitan dengan tanggapan masyarakat. Secara garis besar kawasan karsa terdiri atas dua kategori yaitu kecakapan fisik umum dan kecakapan fisik khusus.
Kecakapan fisik umum direfleksikan dalam bentuk gerakan dan tindakan jasmani seperti duduk, berdiri, berjalan, berjabat tangan dan sebagainya yang tidak berhubungan langsung dengan aktifitas pembelajaran. Refleksi gerakan dan tindakan ini sesuai dengan kebutuhan dan tata krama yang berlaku sebagai salah satu wujud komitmen moral dalam mengembangkan mutu produk pendidikan yang menjadi tugas dan kewajibannya.
Related Posts: Kompetensi Psikomotor atau Kemampuan dari Kawasan Karsa
Label Clouds
Afektif
Akuntansi Syariah
Alokasi Pendapatan Negara
Bahasa Indonesia
Bank Syariah
Bencana Alam
Dasar Pendidikan
Ekonomi
Ekonomi Indoneisa
Ekonomi Islam
Ekonomi Syariah
Etos Kerja Muslim
Evaluasi
Fikih
Hubungan
Ilmu Pendidikan Islam
Imam Al-Ghazali
IPI
Jual Beli
Kalimat
Kodifikasi
Kompetensi
Kompetensi Psikomotor
Kumpulan Hadist
Laporan Keuangan
Makalah
Manajemen Islam
Materi Kuliah
Metode
Metode Pembelajaran
Metodologi Studi Islam
Muhkam Mutasyabih
Otonomi Daerah
Pancasila
Pembelajaran
Pendidikan Islam
Pengeluaran Negara
Pengertian
Pengertian Islam
Pengukuran
Penilaian
Perbedaan
Psikomotor
Sejarah
Sejarah Akuntansi
Sejarah Pendidikan Islam
Sejarah Peradaban Islam
Studi Qur'an
Sumber Ajaran Islam
Syari'at
Tasawuf
Tes
Thoharoh
Umar bin Khattab