Thursday, May 30, 2013

Landasan Ekonomi Islam

Kumpulan Contoh Makalah: Landasan Ekonomi Islam. Landasan dan Tujuan Ekonomi Islam ditinjau dari tiga (3) bagian, yaitu: Ontologi, Epistimologi, dan Aksiologi.
Landasan Ekonomi Islam, Dalam filsafat ilmu, ilmu terbagi atas tiga (3) bagian, yaitu: Ontologi (segala yang berkaitan dengan terbentuknya ilmu), Epistemologi (makna ilmu), dan Aksiologi (segi gunalaksana ilu).

Landasan Ekonomi Islam Ditinjau Dari Segi Ontologi

Ekonomi konvensional, jika dilihat dari aspek Ontologi, mereka menggunakan landasan filsafat positivisme yang berdasarkan pada pengalaman dan kajian empiris (nyata/ fakta), dan tidak percaya pada petunjuk tuhan (sekuler).

Dengan demikian, dalam ilmu ekonomi konvensional yang mendorong untuk melakukan kegiatan ekonomi itu semata-mata hanya untuk kepentingan pribadi (self-interest). Sedangkan dalam Islam yang menjadi pendorong adalah kehendak Allah SWT, yaitu; dalam rangka mengabdi dan mencari Ridha Allah SWT.

Landasan Ekonomi Islam Ditinjau Dari Segi Epistimologi

Secara Epistemologi, ekonomi berasal dari Okonomia (Greek atau Yunani), kata Oikonomia berasal dari dua kata Oikos yang berarti rumah tangga dan Nomos yang berarti aturan. Jadi ilmu ekonomi adalah ilmu mengatur rumah tangga.

Secara Terminology, Samuelson merumuskan, “Ilmu ekonomi didefenisikan sebagai kajian tentang perilaku manusia dalam hubungan dengan pemanfaatan sumber-sumber prospektif yang langka untuk memproduksi barang-barang dan jasa-jasa serta mendistribusikannya untuk dikonsumsi".

Berdasarkan ruang lingkup ekonomi sebagaimana tersebut diatas, maka Islam sebagai sebuah agama yang mengatur segala aspek kehidupan, tentu saja mempunyai cara untuk berekonomi. Dalam kaitan ini, Yusuf Halim al-‘Alim mendefinisikan ilmu ekonomi Islam sebagai “Ilmu tentang hukum-hukum syari’at aplikatif yang diambil dari dalil-dalil yang terperinci terkait dengan mencari, membelanjakan harta.

Defenisi yang disebutkan di atas oleh Yusuf Halim al-'Alim menunjukkan bahwa fokus kajian Ekonomi Islam adalah mempelajari perilaku muamalah masyarakat Islam yang sesuai dengan al-Qur’an, as-Sunnah, Qiyas dan Ijma’ dalam memenuhi kebutuhan hidupnya untuk mencari Ridha Allah SWT.

Landasan Ekonomi Islam Ditinjau Dari Segi Aksiologi

Ditinjau dari aspek Aksiologi, tujuan Ekonomi Islam adalah bahwa setiap kegiatan manusia didasarkan kepada pengabdian kepada Allah dan dalam rangka melaksanakan tugas dari Allah untuk memakmurkan bumi, maka dalam berekonomi umat Islam harus mengutamakan keharmonisan dan pelestarian alam. Kebahagiaan yang dikejar dalam Islam bukan samata-mata kebahagiaan di dunia saja, tetapi juga kebahagiaan di akhirat.

Related Posts: Landasan Ekonomi Islam